Jenis Kemasan Makanan Cocok Untuk Bisnis Catering – Industri catering membutuhkan pemikiran matang dalam pemilihan jenis kemasan makanan. Kemasan bukan hanya sebagai wadah untuk makanan, tetapi juga alat untuk mempertahankan kualitas, memperkuat merek, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Jenis Kemasan Makanan Cocok Untuk Bisnis Catering

Salah satu aspek yang sering diabaikan namun memiliki dampak besar adalah pemilihan jenis kemasan makanan. Kemasan bukan sekadar wadah untuk makanan; ia menjadi representasi merek, menentukan kesan pertama kepada pelanggan, dan mempengaruhi kualitas penyajian makanan. Dengan begitu, memilih jenis kemasan yang tepat adalah langkah strategis yang tidak boleh diabaikan. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi berbagai jenis kemasan makanan yang cocok untuk bisnis catering, serta faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilihnya.

  1. Mika Bento

Keistimewaan dari produk ini adalah berbahan  plastik dan dapat digunakan untuk memisahkan nasi dan lauk pauk dengan mengubah jumlah sekat sesuai dengan tujuannya. Selain itu, Mika Bento memiliki alas berwarna dan tutup transparan, sehingga Anda dapat mengecek menu tanpa  membuka kapnya. Bento mika memiliki sifat penahan panas yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai lauk kering maupun basah.

  1. Sterofoam

Jenis tempat makan ini merupakan yang paling umum digunakan oleh para pelaku usaha catering. Dalam konteks bisnis catering, penggunaan styrofoam menawarkan kelebihan praktis, salah satunya ialah keringanan dan ketahanannya. Kemasan styrofoam ringan dan tahan terhadap kerusakan, membuatnya ideal untuk pengiriman dan penyimpanan makanan dalam kondisi yang aman.

  1. Paper Lunch Box

Paper lunch box terbuat dari  kertas dengan pinggiran yang dilaminasi  sehingga menjadikan wadah ini  tahan  minyak dan anti bocor. Jenis produk ini terdapat dua bentuk seperti kemasan bulat dan kotak. Kemasan makanan berbahan kertas, seperti Paper Lunch Box, telah menjadi pilihan yang semakin populer dalam industri catering. Paper Lunch Box hadir dalam berbagai desain dan pola yang menarik, memungkinkan pelaku usaha catering untuk menciptakan tampilan yang menarik selama penyajian.

  1. Food Pail

Jenis wadah makanan ini terlihat lebih sederhana dengan paduan warna yang cenah, material berbahan food grade  kertas seperti paper lunch box, namun dengan bentuk persegi panjang ke bawah. Karena materialnya yang terbuat dari kertas yang memiliki celah maka produk ini tidak cocok digunakan untuk makanan berkuah. Biasanya food pail digunakan untuk makanan seperti aneka nasi, sayur dan lauk

  1. Gable Box

Jenis ini sering digunakan makan makanan kering. Bahannya terbuat dari karton dan dilengkapi tas jinjing di bagian atasnya. Kemasan ini  terlihat lebih menarik secara visual karena ukurannya yang cukup besar membuat proses distribusi produk lebih aman dan memudahkan konsumen dalam mengangkut produk meskipun dalam jumlah  banyak.

  1. Besek Bambu

Dalam bisnis catering, pemilihan jenis kemasan makanan memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan kesegaran makanan, meningkatkan presentasi, dan memenuhi ekspektasi pelanggan. Setiap jenis kemasan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, dan pilihan terbaik akan tergantung pada jenis makanan, gaya penyajian, dan nilai-nilai perusahaan. Dengan memilih dengan bijak dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kepraktisan, estetika, dan keberlanjutan, bisnis catering dapat memastikan pengalaman yang memuaskan bagi para pelanggan.

Pin It on Pinterest