Masakan Khas Kota Tangerang – Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, kota tangerang tidak hanya menyajikan nuansanya yang modern dan objek wisata yang menarik. Tahukah anda, kota tangerang juga memiliki ragam makanan khas yang rasanya akan menggoyangkan lidah anda. Jika anda hendak berkunjung ke kota ini, ada baik nya anda tahu apa saja makanan yang menjadi khas kota ini.

Masakan Khas Kota Tangerang

Ada banyak sekali masakan khas kota tangerang yang dapat anda cicipi ketika berlibur di kota ini. Siapa sangka, kota modern ini masih menyimpan warisan kuliner khas yang rasanya juga tidak dapat diragukan. Lalu apa saja sih kuliner khas kota tangerang?. Bersama artikel ini, kami memberikan lima list aneka kuliner kota tangerang yang harus anda coba saat berlibur.

  1. Nasi Sumsum Tangerang

Nasi sumsum sangat terkenal di kota tangerang. Berbahan dasar nasi putih dengan tambahan sumsum sapi atau kerbau,  menciptakan rasa yang sangat lezat dan aroma yag khas pada masakan ini. Amat disayangakan jika anda melewatkan kuliner yang satu ini jika sedang berlibur ke kota tangerang.

Proses pembuatannya juga cukup mudah, yaitu dengan cara nasi matang yang sudah diaduk dengan bumbu-bumbu dan sumsum sapi atau kerbau ke dalam daun pisang. Agar aromanya benar-benar keluar, prosesnya tidak sampai disini saja, nasi dan sumsum yang sudah di bungkus selanjutnya di bakar hingga matang. Barulah keluar aroma khas makanan Tangerang.

  1. Laksa Tangerang

Laksa merupakan mie putih yang terbuat dari beras. Dari teksturnya, mie ini hampir sama dengan mie bihun, yang membedakan hanya ukurannya saja. mie laksa tangerang lebih besar dari mie bihun, bertekstur kasar, tidak lentur seperti halnya mie kuning. Disajikan dengan kuah kental, dengan tambahan kacang hijau, daun kucai, dan beberapa potongan daging ayam, menciptakan  mie laksa begitu lezat saat disantap selagi hangat.

  1. Pindang Bandeng

Masakan khas kota tangerang juga menghadirkan olahan dari ikan. Salah satunya adalah pindang bandeng,pindang bandeng ini adalah makanan yang berkuah dan rasanya juga sangat lezat. Masakan ini cocok untuk menu harian anda karena dalam proses pembuatannya juga tidak begitu merepotkan.

Adapun cara membuat pindang yaitu sediakan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, daun salam dan beberapa bumbu lainnya. Ditambah dengan kecap manis serta asam jawa untuk menghasilkan rasa manis dan asem. Makanan ini sangat popular di kota asalnya, selain rasanya yang lezat proses pembuatannya juga cukup mudah.

  1. Sate Bandeng

Jika di atas adalah olahan bandeng yang berkuah, maka olahan bandeng yang kering dan gurih adalah sate bandeng. Sate memang sangat popular di indonesia, apa jadinya jika bandeng yang menjadi bahan dasar utama?. Tentu rasanya juga sama lezatnya dengan bahan dasar daging.

Cara pembuatan sate bandeng ini umunya menggunakan teknik khusus agar menghasilkan cita rasa yang khas dari kota Tangerang. Sate bandeng ini sangat jauh berbeda dengan ikan bandeng pada umumnya.  Duri pada ikan terlebih dahulu di buang dan dagingnya digiling sebelum dimasak. Dengan begitu, akan menghasilkan olahan ikan tanpa duri dan tekstur yang lembut.

  1. Gereng Asem

Nah kuliner yang terakhir adalah gereng asem. Sesuai dengan namanya, masakan ini bercita rasa asam dan asin dan terasa sangat pekat. Menu ini cocok disantap siang hari, karena akan menyegarkan dari rasa asam asin dan pedas yang dihasikan gereng asem. Masakan ini berbahan dasar daging bebek atau ayam dengan potongan-potongan sayur lainnya.

Berikut adalah lime jenis kuliner dari kota tangerang dan sebenarnya masih banyak lagi jenisnya untuk anda cicipi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semua untuk mengetahui apa saja makanan khas dari kota tangerang. Sekian artikel kali ni dan kita akan membahasnya lagi dilain kesempatan.

Pin It on Pinterest

WhatsApp chat